Artikel Terbaru

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Lianitarot - Salah satu bagian terpenting tubuh yaitu gigi memiliki berbagai fungsi, diantaranya adalah untuk mengunyah makanan dan juga bisa menjadi daya tarik dari penampilan seseorang. Maka dari hal tersebut menjaga kesehatan gigi sangat diperlukan sekali. Namun bagaimana jika gigi mengalami kerusakan? Lalu bagaimana jika gigi yang anda miliki berlubang?

sakit gigi
Ilustrasi Sakit Gigi
Banyak sekali orang yang mengalami gigi berlubang membiarkan saja giginya yang berlubang tanpa adanya penanganan yang lebih lanjut hingga giginya terlepas sendiri. Akan tetapi hal itu dapat meganggu kegiatan anda sehari-hari karena gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Namun banyak juga orang yang langsung mengambil tindakan dengan langsung berkonsultasi ke dokter untuk tetap menjaga kesehatan dan pola hidup sehatnya. Nah untuk itu bagi anda yang enggan untuk pergi ke dokter ada sedikit tips cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh.

Penyebab Sakit Gigi


Penyebab sakit gigi hingga gigi berlubang banyak sekali, seperti kebiasaan buruk saat mengkonsumsu makanan dari konsumsi makanan panas lalu langsung ke makanan dingin begitu juga sebaliknya. Lalu juga konsumsi makanan manis yang terlalu berlebihan sehingga dapat memperbesar resiko merusak gigi.

Beberapa penyebab lain gigi berlubang :

- Cara menyikat gigi yang salah

Meski dianggap mudah masih banyak orang yang salah dalam menyikat giginya sendiri. Beberapa ahli gigi menyebutkan sikat gigi yang baik dilakukan selama kurang lebih 1 - 2 menit. Dan cara yang tepat adalah dengan menyiat gigi dari atas ke bawah.

- Gula dan Bakteri

Bakteri bisa  mengubah gula dari sisa makanan yang dikonsumsi menjadi asam dan membuat area mulut menjadi asam. Asam inilah yang bisa membuat lubang kecil pada gigi. Saat lubang terjadi pada email gigi, biasanya rasa nyeri belum akan muncul.  Akan tetapi, saat lubang kecil pada email tersebut mejadi celah bagi masuknya sisa makanan yang dikonsumsi yang berpotensi membuat lubang yang lebih besar, maka pada saat itulah rasa nyeri mulai terasa. Terutama saat mengunyah makanan.

- Penggunaan Alat yang Kurang Tepat

Gigi berlubang juga dipicu oleh pemilihan sikat gigi yang tidak tepat dengan karakter rongga mulut. Sikat gigi yang tidak sesuai menyebabkan tidak terjangkaunya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, ditambah lagi jika bulu sikat terlalu kasar dapat merusak email gigi.

Sakit gigi berlubang yang dibiarkan dan lama-lama hilang rasa sakitnya, hal ini kemungkinan syaraf pada gigi sudah mati dan pada kasus seperti ini pencabutan pada gigi berlubang adalah jalan yang dapat ditempuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh Secara Alami :
  • Menempelkan bawang putih pada gigi berlubang diamkan beberapa menit atau bisa dikunyah dapat menyembuhkan sakit gigi
  • Mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas bersih dapat meredakan sakit gigi dan mengobati infeksi karena kandungan cengkeh memiliki sifat antiseptik
  • Menempelkan Irisan Lemon dapat mengobati sakit gigi dan rasa ngilu pada gigi
  • Teh hangat dapat meredakan sakit gigi bila tidak mengandung gula, bahkan tehnya bisa ditempelkan pada gigi yang sakit
  • Cabe rawit memiliki kandungan senyawa capcasain yang dapat meredakan rasa sakit pada gigi, cara menggunakannya larutkan cabe rawit dengan air panas lalau gunakan kapas dan letakkan pada gigi yang sakit
  • Berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit gigi dan membersihkan infeksi pada gusi
  • Mengunyah Peppermint dapat meredakan sakit gigi serta memberikan kesegaran pada mulut
  • Menggunakan herbal kayu manis yang bisa untuk mengobati sakit gigi, bahkan berbagai pasta gigi yang beredar menggunakan campuran kayu manis.
Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Sakit Gigi :
  1. Rajin gosok gigi pada saat bangun tidur, setelah makan dan saat ingin tidur
  2. Gunakan obat kumur yang aman membersihkan sela-sela gigi serta dapat membuat bau mulut harum
  3. Hindari konsumsi makanan panas dan dingin secara bersamaan sekaligus
  4. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum Alkohol yang bisa sangat cepat merusak gigi dan bagiannya
  5. Hindari minum minuman bersoda yang dapat mengikis Gigi
  6. Perbanyak minum air putih setiap hari yang sangat banyak fungsinya termasuk untuk kesehatan Gigi dan Tubuh
  7. Makan buah-buahan yang dapat menyehatkan gigi sekaligus bisa dijadikan cara memutihkan gigi seperti konsumsi buah apel, strawberry, jeruk dan Pir.

Setelah anda membaca artikel Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah, karena bahan yang digunakan adalah bahan alami yang tentunya sehat bagi tubuh anda jika digunakan dengan cara yang tepat. Akan tetapi untuk hasil maksimalnya sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang lebih ahli agar mendapat penanganan yang lebih baik lagi.

Sekian dari kami, silahkan kunjungi artikel kami yang lain di Lianitarot dan juga Indohos.com yang tentunya akan membahas seputar tips kesehatan yang lainnya.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh"